REQUIREMENT DAN ANALYSIS
Pengguna
dari permainan ini adalah siswa SD. Karena pada dasarnya bobot soal yang
digunakan untuk permainan ini berdasarkan mata pelajaran IPS untuk siswa SD dan
setiap soal setidaknya mewakili tiap benua. Untuk penggunaan permainan,
pengguna tidak perlu dilatih oleh orang profesional karena pada program ini
sudah terdapat petunjuk penggunaan permainan dan program teresebut mudah
dipahami oleh pengguna yang rata-rata permainan ini hampir sama dengan
permainan yang lainnya. Apabila mengadakan pelatihan,maka akan membutuhkan
waktu yang banyak yang dirasa oleh tim kami tidak perlu diadakan pelatihan.Oleh
karena itu,pengguna hanya perlu belajar dari panduan penggunaan yang sudah ada
pada games yang dibuat.
Untuk
menggunakan games ini pengguna tidak perlu dari golongan expert maupun
awam,melainkan golongan tengah dari keduanya karena standar dari game ini
hampir sama dengan game yang biasanya dimainkan oleh pengguna,hanya beda
materi. Mengingat game yang dibuat untuk siswa SD, maka kisaran usia
penggunadari 9 sampai 12 tahun. Apabila umur pengguna melebihi dari batas
tersebut,maka bobot soal mudah dikerjakan oleh pengguna. Tidak hanya
laki-laki,perempuan juga bisa memainkan game ini karena materi yang digunakan
adalah ilmu pengetahuan umum yang bisa dipelajari oleh semua orang. Manfaat
yang didapat setelah menjalankan permainan ini yaitu dapat mengetahui nama
negara sekaligus letak geografis dari negara tersebut dan secara tidak langsung
pengguna dapat menghafal bendera dan ciri khas dari negara tersebut.
Dalam
penggunaan permainan, pengguna tidak perlu menyelesaikan permainan sampai
selesai karena konsep dari permainan ini pengguna tidak bisa melanjutkan
kembali permainan yang sudah dimainkan sebelumnya. Jadi ditengah-tengah permainan
pengguna bisa kembali ke halaman awal atau bisa menjalankan permainan sampai
selesai, intinya konsep dari game ini adalah bermain sambil belajar. Program
ini tidak berdampak pada pekerjaan seseorang atau membantu pekerjaan, karena
tipe dari program ini adalah game. Jadi, game ini hanya digunakan sesekali
tergantung pengguna ingin memakainya.
Bahasa
utama yang digunakan oleh pengguna adalah bahasa Indonesia. Maka dari itu,games
ini menggunakan bahasa indonesia. Hal ini untuk memudahkan pengguna dalam menggunakannya
karena pengguna berasal dari kalangan siswa SD. Apabila menggunakan bahasa
Inggris, mungkin hanya sebagian dari kalangan siswa SD yang mengetahui dasar
dari bahasa Inggris karena program yang kami buat ini untuk semua siswa SD.
Apabila pengguna membuat kesalahan dalam menjawab pertanyaan, maka tidak ada
konsekuensi dan games tidak akan berakhir langsung begitu saja. Kesalahan lain
dalam pengggunaan yaitu, format dari games ini adalah (.apk) dan pengguna
melakukan instalasi pada handphone yang tidak menggunakan sistem operasi
android maka konsekuensinya aplikasi tersebut tidak terinstal. Lalu aplikasi
ini memiliki minimal sistem operasi android yang digunakan yaitu OS Android 2.2
Froyo, apabila pengguna melakukan instalasi dibawah dari sistem operasi yang
sudah ditentukan contohnya versi 2.1 eclaire maka terjadi error pada instalasi.
Pada
dasarnya untuk menjalankan games ini,pengguna tidak perlu ahli dalam materi
tetapi mengerti pada materi yang ada pada game. Karena seperti yang sudah
dijelaskan pada sebelumnya, program ini dibuat untuk semua siswa SD tanpa perlu
membanding-bandingkan siswa mana yang hanya bisa menggunakan games ini.
Pengguna tidak perlu mengetahui tentang teknologi di belakang antarmuka karena
untuk pengguna yang umumnya siswa SDsulit untuk memahami sistem dari program
ini.
Functional
Requirement
1.
Aplikasi ini mampu
menampilkan pertanyaan mengenai kewilayahan negara dengan persebaran di 5
Benua, yakni Asia, Eropa, Amerika, Afrika, Australia minimal 1 pertanyaan untuk
tiap masing-masing Benua.
2.
Aplikasi ini mampu
merespon jawaban yang benar dan yang salah sesuai dengan input yang dimasukkan
oleh user.
3.
Aplikasi ini mampu
menampilkan gambar bendera negara beserta salah satu ikon yang menjadi ciri
khas negara tersebut.
Non
Functional Requirement
1.
Desain menarik bagi
anak-anak
2.
Menggunakan pilihan
gambar yang sesuai
3.
Mudah dioperasikan oleh
anak
Analisis
resiko
-
Kurangnya pemahaman
program
Kurangnya
pemahaman program tidak bisa diduga sebelum pemulaian,ini bisa terjadi ketika
pengerjaan program berada ditengah-tengah waktu pengerjaan yang sudah ditentukan
-
Kurangnya waktu
pengerjaan
Kurangnya
waktu menjadi hambatan dalam pengerjaan program,ketika pemrogram sebelumnya
sudah merasa cukup dalam waktu akan tetapi ditengah-tengah pengerjaan,pemrogram
kurang memahami program yang digunakan dan harus mempelajari lagi,ini akan
membutuhkan waktu dari waktu yang sebelumnya sudah ditetapkan
-
Kompleksitas proyek
Kompleksitas
program tidak bisa dinilai ketika program masih dalam pengerjaan,kompleks atau
tidaknya program bisa dinilai ketika program sudah selesai,dan user sudah
menggunakan. User berhak memberikan saran atau komentar terhadap program.
1 komentar:
seharusnya di bagian analisis ada DFDnya, tolong diperbaiki :)
Posting Komentar