Pages

Senin, September 24, 2012

Progress Report 1 (Sekilas info Aplikasi)



 Didiskusikan oleh:
 1. Riza Dwi Prayoga. Tri
 2. Nursanti
 3. Onny Inda
 4. Tri Arini Titisingtyas
 5 . Yohan Agusta
 6. Oni Budi Setyawan
 

Tujuan Pembuatan
Aplikasi ini diharapkan dapat membantu anak-anak menghafalkan letak geografis suatu negara di dunia, dilengkapi dengan gambar bendera negara dan ciri khas dari negara tersebut saat pertanyaan yang diajukan dijawab dengan benar, hal ini untuk membantu anak lebih senang dan tertarik mempelajari Kewilayahan Negara di Dunia yang merupakan salah satu materi yang terdapat di mata pelajaran geografi Sekolah Menengah Pertama (SMP).

Gambaran Umum Program
Program ini dibuat dengan mengadopsi sistem kuis, sehingga saat program ini dijalankan maka akan muncul pertanyaan-pertanyaan tentang geografi kewilayahan yang ada di dunia, misalkan :
Negara yang termasuk di Asia Tenggara adalah ?
            A. Indonesia                           C. Australia
            B. Jepang                                D. Amerika
Saat jawaban benar maka akan muncul bendera Negara dan yang menjadi ikon Negara tersebut, Saat salah, muncul pesan kesalahan.
Jawaban yang benar adalah Indonesia, jadi saat user memilih opsi “A” maka akan muncul gambar Bendera Merah Putih dan Gambar Tari Kecak Bali (salah satu ikon kebudayaan bangsa), sehingga hal ini diharapkan akan mengenalkan kepada anak mengenai Letak Geografis Indonesia, Bendera Kenegaraan dan salah satu Budaya Bangsa. Bila jawaban salah maka akan muncul notifikasi kesalahan.

 Minimum Requirement
Aplikasi ini memiliki persyaratan minimum untuk dinyatakan sudah berhasil di buat, diantaranya adalah :
1.    Aplikasi ini mampu menampilkan pertanyaan mengenai kewilayahan negara dengan persebaran di 5 Benua, yakni Asia, Eropa, Amerika, Afrika, Australia minimal 1 pertanyaan untuk tiap masing-masing Benua.
2.      Aplikasi ini mampu merespon jawaban yang benar dan yang salah sesuai dengan input yang dimasukkan oleh user.
3.    Aplikasi ini mampu menampilkan gambar bendera negara beserta salah satu ikon yang menjadi ciri khas negara tersebut.

Analisis Kebutuhan
·         Database
Program ini memerlukan 2 Database, yakni :
Ø  Database Pertanyaan
Program ini sangat membutuhkan database pertanyaan,karena inti dari program ini adalah sebagai media edukasi atau lebih tepatnya memberikan evaluasi atau pertanyaan kepada siswa-siswa yang tertarik dengan pelajaran ini,khususnya siswa SD. Agar siswa bisa menambah wawasannya mengenai ilmu geografis atau kewilayahan negara di dunia
Ø  Database Image
Selain database pertanyaan,program ini juga membutuhkan image bendera atau wilayah negara-negara,agar program ini tidak monoton yang hanya memberikan pertanyaan-pertanyaan saja. Selain gambar bendera dan wilayah negara,program tersebut membutuhkan gambar yang menunjukkan identitas dari negara-negara atau ciri khas.


·         Sound
Selain database,program ini juga membutuhkan suara-suara, sebagai pelengkap dalam sebuah media. Contohnya apabila dalam menjawab maka terdapat suara baik jawaban tersebut salah ataupun benar.


0 komentar:

About